-->
Sabtu, 02 Januari 2010

Inverter

Poject ini kelanjutan dari Inverter 12VDC to 220VAC 1000W namun saya mangganti mosfet dengan IRF3710 yang harganya Rp5000, inti rangkainnya tetap sama dengan skema tautan diatas, saya manggunakan pcb yang teah dilubangi, karena butuh waktu dan proses untuk membuat layout PCB seperti tautan diatas,

gambar dibawah inilah inverter yang saya buat, namun sayangnya saya hanya menggunakan trafo 1 ampere yang hanya cukup menghidup 1 buah speaker komputer merek simbadda, butuh uang Rp 175.000 untuk membeli trafo 10A, sebagai anak kost kayaknya harus nabung dulu buat beli trafo, heeee.





Semoga Bermanfaat.

Hargai hak cipta anak bangsa dengan tidak
mempublikasikan tanpa menyertakan sumbernya.
Copy Right www.singkutseven.blogspot.com 2009.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

mas...untuk Inverter 12VDC to 220VAC 1000W,bisa untuk menyalakan AC 970 ga ya??

mohon pencerahannya.bisa hub saya di hom3ko@yahoo.com

saya sangat buth bgt bantuannya

The Go-Biz™ mengatakan...

Bisa-bisa saja cuman menurut saya tidak efesien jika inverter untuk menghidupkan AC, butuh Trafo yang besar sekali dan accu yang di pakaipun harus besar. untuk daya yang 220 watt saja butuh 18,3 A accu, jika anda memiliki accu 30 AH (Ampere per Hour atau ampere perjam) maka daya accu akan habis dalam kurang lebih 1 jam 30 menit.

maka kalau untuk 1000 watt akan memakan daya aki sebesar 83,3A
misal punya acuu 100AH cuman bisa dipakai 1 jam lebih sedikit
trafo/transformator yang dipakai untuk 1000w pun besar, inverter yang saya buat hanya direkomendasikan buat emergency saja saat listrik dari PLN padam, dan jika PLN padamnya terlalu lama maka GenSet pun menjadi pilihan, karena selain itu daya batrai pun telah habis.

efesiensi inverter sekitar 80% dari 1000W artinya max output inverter sekitar 800W saja, yang 20% lagi berubah menjadi panas di haedsing mosfet dan transformator inverter,

jika ingin menghasilkan 970W paling tidak inverter harus berkapasitas 1K5W atau 1500Watt

Terimakasih ya sudah berkunjung ke blog saya,,,

joebae mengatakan...

mas skema nya mana nih?so sya udah beberapa kali bkin invereter tp gagl trus nih,sya udah ngbisin uang ratusan ribu hanya agar bsa bkin inverter,tp yatanya saya ampe skarang lum bsa2 jga.emang kw beli lbih gmpang,tp sya pengen bsa biar saya bsa kembangkan lg nantinya.

The Go-Biz™ mengatakan...

skemanya ada di sini bang joebae http://singkutseven.blogspot.com/2009/12/inverter-12vdc-to-220vac-1000w.html

joebae mengatakan...

ta bang udah ad!cuma syang bgt yah,tu pke ic 4047!so d tmpat sya g ad bang udah puluhan kali sya psen g d bliin2 jga!d runah sya punya inverter dr 3055 8 bji + R 1kilo 8 bji jga,tp untk neon sh oke bgt,tp ko tv g nyala bang?ap ad kmponen tmbahan yah agar bsa ke tv?

The Go-Biz™ mengatakan...

ic diganti pake rangkaian lip-lop juga bisa, tapi untuk mengatur kecepatan lip-lopnya (frequensinya) harus ganti capasitor, g bisa di putar-putar pake trimpot.

untuk menghidupkan tv paling g trafo harus 10A keatas, dan rangkaian yang saya buat menggunakan mosfet dengan daya yang cukup gede, jd g usah pake resistor lagi dari mosfet ke trafo, langsung saja di sambung.

joebae mengatakan...

sya prnah bkin inverter 500watt mas,tp mungkin trafonya kurang gde X yah?d tmbah rangkaianya yg krang sempurna,trafo 5A murni dan arunya 12v 70ah!sya pke 8 tr jengkol 2n3055 + R 1k mas.

joebae mengatakan...

mas ap dgn memararelkan mosfet watt inverter bsa nambah?kw ya,cara memararelkan tr mosfetnya gmna mas?atau kw g dr mosfet ke tr 3055 dlu yg d pararelkan gmna mas?mhonptunjuknya mas.

The Go-Biz™ mengatakan...

@joebae:

tu tr ganti mosfet aja mas, mosfet lebih kuat. selama saya bongkar UPS belum nemu penguat akhir yg pake TR kalo pake TR pasti gede2 tu TRnya, pake mosfet semua meskipun nomor serinya dihapus sama pabrikan UPS. pernah saya iseng mosfetnya saya ganti dengan TR D313 dengan nelusuri jalurnya ketemu ternyata sama dengan susunan kaki D313 B-C-E kalau di mosfet susunannya jadi G-D-S, bisa jalan dgn normal tapi powernya jd kecil, buat ngidupin monitor aja gak sanggup meskipun udah di paralel 2 biji. trus saya ganti dengan IRF3710 1 pasang doank. kuat untuk ngangkat komputer dgn monitor CRT.

kalo mau memparalelkannya dgn banyak mosfet harus dikasih penguat lg, Kasih TR dulu, biar IC drivernyanya g jebol.

joebae mengatakan...

tuk kaki mosfet nya sya udah tw mas,tp tuk cara memararelkanya sya lum tw,mksud dr hrus kasi TR lg tuk memararelkan mosfetnya gmna mas?bsa kasi gnbaran g?sya punya kndala yg amt serius mih mas,d tmpat sya g ad 4047!tp sya prnah lhat d slah 1 blog kw bisa menggnti 4047 tu dgn 4017 aslkan pke ic 555 dlu,ap tu bnar mas?

The Go-Biz™ mengatakan...

@joebae

masangnya kaya' transistor driver punya power amplifier gitu mas, coba liat-liat skema punya ampli mas.

masa' sih? 4047 susah nyarinya?. emangnya daerah tempat mas dimana?
persamaannya ada tapi letak fungsi kaki-kaki berbeda, malah lebih bingung jdnya.

kalo g ada tu IC pake rangkaian ini aja mas, jantung drivernya menggunakan rangkaian Flip-Flop

http://belajar-elektronika.com/wp-content/uploads/2011/02/500W-12-to-220V-inverter.jpg

The Go-Biz™ mengatakan...

http://schematics.circuitdiagram.net/thumbs/opt1253497877f.jpg

joebae mengatakan...

kang sya teh lg bljar,jd hrap mklum kw sya kurang pham heheheheh....sya dr kuningan jabar kang.

joebae mengatakan...

sngat lah sulit dsni mas cari kmponen yg sya btuhkan tuk membuat UPS,sya mw dr awl z,sya mw buat emergency dr neon kang,ap akang punya rangkaian tu?krna sma persis dgn UPS kan?

Unknown mengatakan...

Saya punya inverter 10000w dan batrre aki 80amper. Pas saya cok kan ke tv polytron tabung 21 in kenapa cuma ngedip doang yang salah aki nya apa invrter nya mas tolong blssss

Posting Komentar

Berkomentarlah guna untuk membangun,,,