-->
Jumat, 11 Desember 2009

Inverter 12VDC to 220VAC 1000W

Pendahuluan.
Kebutuhan listrik sekarang ini memang tak terhindarkan lagi walaupun di daerah yang tidak teraliri listrik PLN, meskipun telah teraliri listrik, seperti biasa PLN sering terjadi pemadaman listrik yang tak menentu. tidak ketercuali juga di daerah saya di Singkut 7 Kec. Pelawan, Kab. Sarolangun, Jambi. mengingat diserukannya energy ramah lingkungan, jadi saya memutuskan untuk membuat beckup daya listrik yang tidak menggunakan BBM. Seperti Diesel dan Genset. setelah browsing sana-sini akhirnya saya menemukan dataseet komponen-komponen yang dibutuhkan.


Bagi yang membutuh rangkaian inverter 12VDC to 220VAC 1000W anda dapat menggunakan rangkain berikut ini. rangkaian ini juga dapat dipadukan dengan penggabungan Solar Cell dan Generator tenaga angin sebagai Penchager Accu Jika Listrik PLN tidak ada Di daerah anda, tentunya dengan beberapa modifikasi pada rangkaian.

Watt yang di hasilkan inverter ini tergantung komponen yang digunakan, seperti mosfet, transformator yang digunakan. dengan komponen mosfet yang digunakan pada rangkaian ini dapat menghasilkan kira-kira 1000W, dengan menggunakan trafo 20A lebih.

daya tahan inverter ini tergantung seperapa besar Accu (AH= ampere/Hour) yang digunakan. jadi semakim besar accu yang digunakan semakin lama inverter dapat bekerja.

mosfet yang digunakan pada inverter ini harus menggunakan heatsink, karena mosfet akan panas saat bekerja. pemasangan mosfer pada PCB, kaki Drain Tidak perlu di pasang/solder ke PCB lebih baik dipotong, yang di solder ke PCB hanya Kaki G dan S, karena pada body mosfet yang nantinya terhubung langsung ke heatsing itu juga merupakan kaki drain. jadi output drain pada headsink dapat langsung di hubungkan melalui kabel ke trafo. Dan tranformator yang digunakan harus menggunakan CT 12V. headsing pada rangkaian ini dibagi menjadi 2. satu headsink di setiap baris mosfet yang sejajar seperti terlihat pada tata letak komponen di atas.

jika menginginkan watt yang dihasilkan lebih besar mosfet dapat diganti dengan spesifikasi yang lebih besar pula, namun tidak di rekomendasikan menggunakan PCB seperti pada gambar, karena jalur pada PCB pada gambar tidak akan sanggup mengaliri kuat arus listrik yang sangat besar. coba Klik datasheet MOSFET IR jika ingin mencari spesifikasi mosfet yang sesuai kebutuhan. Semoga Bermanfaat.




Hargai hak cipta anak bangsa dengan tidak
mempublikasikan tanpa menyertakan sumbernya.
Copy Right www.singkutseven.blogspot.com 2009

40 komentar:

Unknown mengatakan...

tolong kirimkan gambar yang mudah dimengerti untuk inverter 1000w. alat yang mesti dibeli & input DC dan output ke transformator. handy_mnz@yahoo.co.id

The Go-Biz™ mengatakan...

perasaan gambar yg saya buat ini udah lengkap mas, mulai dari skema, jalur PCB dan tata letak komponen beserta nama komponennnya,,,

dyonscell mengatakan...

setuju gan , pada gambar kedua adalah pendobelan 4tr dimana gambar 1 adalah 1tr, saya dah pernah coba cuma sayangnya tidak bisa buat nyalakan kipas angin ac, terus berkarya gan lanjutkan....!

Anonim mengatakan...

MAs dalam rangkaian ini mosfetnya bisa digandakan berapa banyak? seperti pengalaman bikin inverter pakai 2n3055 saya gandakan pakai 24 buah 12x2 dengan travo 12v ct 10A voltase 220 kalau untuk nyalain lampu sih saya sudah puas.. kira kira 60 watt lampu serumah juga setara dengan PLN selama 7 jam lebih tapi wat nya masih kecil.. buktinya narik TV 21" aja drop.. memang sih kalau melihat nasehat blog sebelah travonya mesti 15-20A mohon masukannya trims

ardian mengatakan...

trafonya hrs 20A..??

Anonim mengatakan...

apa anda sdh mencoba??

The Go-Biz™ mengatakan...

@dyonscell:
untuk nyalain kipas angin AC itu butuh gelombang sinus/sinewave seperti gelombang listrik PLN yang sinewave, sedangkan inverter ini hanya mengeluarkan gelombang kotak/squarewave, kipas angin bisa jalan tapi suaranya pasti mendengung karena frekuensi listrik AC inverter ini masih berupa gelombang kotak.

The Go-Biz™ mengatakan...

@ardian:
biar mantap mas,

Anonim: ya sudah donk :-P

The Go-Biz™ mengatakan...

@sabirun:
mas sabirun, trafo 10A itu output dari sekundernya, jadi kalo mau di buat inverter kan tinggal balik primer ->sekunder, sekunder->primer

trafo:
primer|Sekunder
220VAC|12VAC 10A

hitungan simple saya, untuk menghasilkan 12VAC 10A dari 220VAC.
butuh berapa watt? butuh berapa ampere (A)?
= 12V x 10A = 120W ->watt input dari primer 220V
=120W/220V =0,54A -> Ampere dari 220V
jadi dari 220V diubah dengan trafo stepdown ke 12V 10A butuh 0,54A pada 220V

jadi kalo trafo di balik
primer|sekunder
12VAC |220VAC

output watt dari sekunder 220VAC adalah 120W (belum termasuk power lost menjadi panas di headsink dan trafo)

nah TV 21" pada saat startup butuh watt gede loh mas, otomatis tegangan inverter langsung drop dengan power hanya 120W tadi.

Anoq mengatakan...

mas, Mov RDN 240/20 itu fungsinya apa? datasheet-nya susah dicari.

terima kasih
salam
anoq

Dwi mengatakan...

gan The Go-Biz™, ane pnya beberapa pertanyaan nih...

1. Rangkaian diatas bukannya rangkaian UPS ya?
kl iya, brarti keluarannya gelombang sinus ya?, kl keluarannya gelombang kotak, apa bisa ditambahkan sesuatu supaya bisa di pakai untuk menjalankan barang elektronik?
2. untuk layout yg ydh ada di atas, apa sdh teruji keberhasilannya? trs Input dan Out putnya di jadikan satu ya? kok bs?
3. jika solar sell yg menjadi input dari rangkaian di atas, modifikasi nya seperti apa ya?

mohon maap jika ane terlalu banyak bertanya, tp ane sangat mengharapkan jawaban dan penjelasan dari pertanyaan2 diatas....

The Go-Biz™ mengatakan...

@dwi:

1. ----------------->
a. kalo rangkaian UPS itu sudah komplek mulai dari charger akinya, inverter, bisa auto by pass saat online PLN, anti petir de,el,el :D.
b. itu keluarannya masih gelombang kotak, kalo mau gelombang sinus murni harus ganti driver, itu artinya komponen diatas yg bisa di pake cuman penguat akhirnya aja bisa di pakai.
c. untuk menjalankan perangkat elektronik rangkaian inverter ini udah bisa. tapi tidak cocok untuk menjalankan motor listrik. sampai sekarang masih banyak UPS komputer yang dijual di pasaran menggunakan gelombang kotak.

2. outputnya itu pada kaki Gate [G] atau body mosfet, 4 mosfet yang sejajar itu digabungin yang nantinya nempel langsung sama Heatsing/pendingin itulah outputnya (-), begitu juga dengan 4 mosfet yang sejajar lainnya, outputnya (-) pada kaki Gate [G]/body. untuk CTnya itu udah ada di gambar. jadi susunan output ke Trafonya Begini:
IN OUT
(-)---- - )||(-----
(CT)--- + )||( AC 220V
(-)---- - )||(-----

inget!!! trafonya harus juga CT.

3. kalo mau digabungin dgn solar cell g ada yg harus dirubah dari rangkaian diatas.
skemanya begini:

Turbin angin ------>|
|
Solar Ceell --> Controler --> Accu --> Inverter --> AC

The Go-Biz™ mengatakan...

@anoq

sering disebut juga dengan Varistor pelindung dari lonjakan arus listrik. pada inverter menggunakan trafo Kern atau E I, disebut begitu karena logam penyusun trafo berbentuk E I.
trafo EI ini memiliki tegangan balik yang cukup tinggi, jika pada relay biasanya cukup hanya menggunakan dioda agar terhindar dari tegangan balik saat relay dari ON ke OFF, nah pada arus AC tidak bisa menggunakan dioda, pastinya tau donk kalo dioda itu di pasang kaya' RDN 240/20 diatas? pastinya bakal berasap bul bul bul ( bau hangus tuh mas, hehehee ).

komponen ini juga bisa di gunakan untuk meminimalisir sambaran petir tidak langsung, sebagai efek gelombang elektromagnetik petir yang menginduksi bisa mengalir melalui instalasi PLN,bisa merusak peralatan elektronika(yg bekerja pada tegangan rendah). meskipun komponen ini rusak karena gelombang elektromagnetik petir yang menginduksi, setidaknya dia bisa meredam gelombang kejut petir yg hanya berlangsung beberapa MS(mili second) dan melindungai peralatan elekronika.

jalan-jalan kesini:
http://www.suryaent.net/productf.php?id=126&next=20

semoga membantu

khanif mengatakan...

ane juga punya skema ilustrasi begini :

Accu --> Inverter --> AC 1000w --> dinamo--> generator -- Accu lagi

trus sisa beban darin AC buat konsumsi rumah

kira2 bisa ngga'????

The Go-Biz™ mengatakan...

g bisa, yg mas tulis itu bertentangan dengan hukum energi. efesiensi saja sudah mengambil 20% dari energy sumber.

romi mengatakan...

mas slm knl,,dri Kuala Tungkal..
ini inverter udah pernah dicoba ya?brpa persen tingkat kberhasilan nya?
trimakasih

dendi mengatakan...

nggak salah rangkaianya tu gan, pin 7,8,12 kq nggak konek ma ground????

dendi mengatakan...

assalam
saya sudah bikin rangkaian diatas, saya paralelkan mosfetnya 4 pasang, jdi make 8 mosfet.
pertanyaan saya berapa ampere trafo n aki yang harus saya pake supaya keluaranya maksimal??
mohon bagi ilmunya agan-agan, lo bisa lewat sms aja gan 081947888538, jarang OL soalnya,,,hehe
terimakasih
wassalam

The Go-Biz™ mengatakan...

To Romi: Rangkaian dengan skema diatas sudah saya cobakan ujicobanya ada di link ini http://singkutseven.blogspot.com/2001/01/inverter.html.

To Dendi: kaki 7,8,12 memang tidak terhubung ke ground, lihat skema diatas.


memangnya berapa daya yang di inginkan? Trafo semakin besar semakin bagus dan juga harganya bagus, untuk trafo ct 10A kemarin sempat nanya di toko harganya Rp 100.000.

untuk aki biasanya dihitung dalam AH atau Ampere per hour/jam jadi semakin tinggi nilai AH maka semakin lama inverter hidup. misalnya aki 12V 80AH, jika pemakaian sebesar 80Ampere maka daya aki akan habis dakan 1 jam.

jadi semua tergantung kebutuhan.

Unknown mengatakan...

jumlah trafonya 2, ngak pemborosan kah ?

The Go-Biz™ mengatakan...

dear robet: sebenarnya bisa hanya menggunakan 1 trafo dengan menambahkan beberapa relay. yang nantinya bakal jadi UPS bukan hanya sekedar inverter

Anonim mengatakan...

bagaimana bila saya gunakan tegangan 25v dc dan arus 50 A, ap saja yang perlu diganti selain dan nilai elektronik condensator?

Unknown mengatakan...

Tempat untuk trafo ct nya tidak jelas,yg ad cma untuk akinya.

The Go-Biz™ mengatakan...

Mas Nanang Radjak:
mas mungkin belum baca semua artikel di atas terutama bagian ini "kaki Drain Tidak perlu di pasang/solder ke PCB lebih baik dipotong, yang di solder ke PCB hanya Kaki G dan S, karena pada body mosfet yang nantinya terhubung langsung ke heatsing itu juga merupakan kaki drain. jadi output drain pada headsink dapat langsung di hubungkan melalui kabel ke trafo."

The Go-Biz™ mengatakan...

@anonim:
saya rasa banyak yg harus diubah mas, yg pertama jadi masalah adalah ic 4047 max supply voltage 18Vdc, sedangkan input yg mas inginkan adalah 24-25vdc.

CHARIS mengatakan...

mas
rangkaian diatas pake 24 v pasti bisa bila VDC IC dikasih regulator 7809/7812

Unknown mengatakan...

Travonya buat sendiri aja gan.kalo pake travo yg di jual bebas tetap gak maksimal,karna travo stepdown.pelu di ingat dalam pembuatan travo pasti watt di gulungan primer lebih besar dari pada watt di gulungan skunder.agar mampu mengindusi dgn sempurna.kalo kita pake travo stepdown kita balik maka.besar pasak dari pada tiang donk.yg kita butuhkan adalah travo step up.maka watt yg di hasilkan sempurna..! hanya menambah saran aja gan

Anonim mengatakan...

Betul bngt apa kata agan Puji.

Unknown mengatakan...

THANKS yh ATAS TIPSnya

Anonim mengatakan...

Mas.rangk diatas emang pakai 2 buah trafo ct ya

kusniah mengatakan...

Mas rangkaian diatas kslau dipakai trafo 20A ct gimana caranya kan trafo 20A ct tidak afa 12V nya

kusniah mengatakan...

Mas gimana caranya rangkaian diatas pakai trafo 20A kan tidak ada input 12v yang ada 24v

Anonim mengatakan...

mas komponen 2200/25v dan 10nf apa namanya?

Unknown mengatakan...

Mas klo mosfetnya irf540n bisa tidak?

Unknown mengatakan...

Maaf min, tolong di perjelas jalur output ke travo, travo memakai sistem CT atau engkel.
Karna klu sy perhatikan outputnya cuman 2, sedangkan CT membutuhkan 3 output, 12, 0, 12, tolong solusinya min,...!

Unknown mengatakan...

Jika orang elektronik melihat rangkaian ini pasti paham. Tolong dong tuliskan untuk kita yg ilmunya masih sedikit dituliskan bahan bahanya secara detail. Contoh misal transistor 2 buah, dioda 4 buah, jadi kita belum tahu tinggal makan saja

Unknown mengatakan...

Mas sepasang mosfet itu keluarannya mencapai beberapa watt

Unknown mengatakan...

Mas output nya gak sampai 220 v itu gimana ya solusi nya

Anonim mengatakan...

Pake inverter 1000 watt aki 100 amper visa nonton TV 21 in

Unknown mengatakan...

Askm....mau tanya msalah inventer...krena sy buta elektronik...
1. Saya punya kit inverter dengan trafo ct 10A...setelah dirangkai dan dipake hidupin lampu dan coba hidupin printer kok lampu jd berkedip kaya gak kuat ato kurang strum....
2. Saya coba ganti kapasitornya yg dekat IC YG awalnya muatan (220mf/63v dgn 1000mf/25v)...kok hasilnya msh sama aja tetap berkedip lampunya klo buat ngeprint....
Gmn solusinya mas....

Posting Komentar

Berkomentarlah guna untuk membangun,,,